WEB


     
     WWW atau disebut juga dengan world wide web adalah sekumpulan web server seluruh dunia yang dapat digunakan secara bersama - sama , yang berfungsi untuk menyediakan suatu informasi kepada si pembuka WWW tersebut . WWW pertama kali dikembangkan di pusat penelitian fisika Jenewa , Swiss pada tahun 1989 dan terus berkembang hingga sekarang . Dan WWW adalah program pertama yang menggunakan FTP ( File Transfer Protocol ) dan HTTP ( hypertext transfer protocol ) . WEB adalah kumpulan halaman - halaman yang digunakan untuk menampilkan teks , grafis dll . Intinya semua orang yang terhubung ke WEB mampu menyediakan dan mendistribusikan konten . Sebelum tahun 2000 dikenal dengan adanya web 1.0 tetapi hanya programmer / ahli komputer saja yang mampu menyediakan konten , dengan perkembangan jaman muncul web 2.0 sehingga selain ahli komputer pun dapat mendistribusikan video , contoh : youtube , flickr dll . 

     WEBSITE adalah kumpulan dari WEB , yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain , yang tempatnya berada di world wide web . Domain adalah alamat dari website . Halaman - halaman dari website ini akan bisa diakses melalui sebuah URL yang biasa disebut homepage . URL ini mengatur para pembaca dan memberitahu mereka susunan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan .WEBPAGES adalah halaman web , jadi webpages ini merupakan sebuah dokumen yang ditulis dalam format HTML ( Hyper Text Markup Language ) , ASP , PHP , JSP , Java Script , dll yang hampir selalu bisa diakses oleh HTTP , yatu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser . 

     WEB SERVER adalah software yang memberikan layanan data yangberfungsi untuk menerima permintaan HTTP atau HTTPS dan mengirimkan kembali dalam bentuk halaman - halaman web yang umunya berbentuk HTML . Untuk komputer SERVER dikhususkan untuk menaruh data website , dalam hal ini harus 24 jam online . jika tidak maka data tidak bisa diakses oleh pengunjung website . Sedangkan WEB BROWSER adalah software yang digunakan untuk menerima informasi di internet seperti Mozilla , Internet Explorer dll . 

SEKIAN !!

0 comments:

Post a Comment

Followers