Langkah - langkah membuat website




Langkah - langkah pembuatan website :

  1. Mempersiapkan alamat domain , domain adalah nama untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email service di internet . Fungsi domain adalah agar pengguna internet lebih mudah melakukan akses ke server , dibandingkan mengunakan deretan nomor IP .  Contohnya : google.com , yahoo.com . Untuk membuat suatu domain , dapat diperiksa di http://register.net ataupun domain internasional di http://internic.com . Tips : sebaiknya menggunakan domain web.id , bisa digunakan oleh perorangan 25ribu.
  2. Mempersiapkan Hosting , hosting adalah tempat penyimpanan web. Maksudnya, ruang seperti hard disk untuk menyimpan dokumen - dokumen yang disimpan di server internet . Tanpa hosting , web yang dibuat tidak akan bisa diakses . Oleh karena itu diperlukan server yang terhubung di internet selama 24 jam / sehari untuk menempatkan homepage dan agar homepage yang dibuat dapat selalu diakses oleh para pengujungnya.
  3. Menyiapkan isi dari web tersebut , maksudnya menyiapkan segala informasi yang diperlukan baik content maupun design . content yaitu informasi yang akan dimuat ke dalam website yang berupa teks dan kumpulan foto . misalanya : membuat tulisan apa yang akan dibuat atau dibagikan kepada pembaca , atau dapat ditambahkan foto untuk mempercantik tulisan tersebut . Sedangkan design : tampilan yang dibuat untuk keindahan website , sehingga menarik perhatian para pengunjung . Misalnya : edit layout dengan html , mengganti background dll . Jika tidak terbiasa membuat web , dapat juga menggunakan aplikasi semisal : blogspot , wordpress dll , agar mudah dalam pengelolaannya.
  4. Jika content dibuat di blogspot dan wordprees , maka harus di ekspor terlebih dahulu ke website yang telah kita buat . Biasanya ekspor terletak di menu setting .
  5. Mengatur website agar bisa dijalankan / berfungsi agar orang lain dapat melihat website tersebut . Cara mengaturnya dapat menggunakan SQL dan copy seluruh file ke hosting , cara mengirimnya biasanya menggunakan ftp client .
  6. Terakhir , mempromosikan blog . dilakukan agar orang lain mengetahui blog yang kita buat .

2 comments:

Andi Firmansyah said...

Thanks gan.., :) Jangan Berhenti Berbagi. :D

Unknown said...

Kebetulan ane lagi cara membuat website. terima kaih ya gan ditunggu postingan artikel yang berikutnya.

Post a Comment

Followers