Cloud Computing Bidang Telekomunikasi


Cloud computing adalah kumpulan dari beberapa resources yang terintegrasi menjadi satu dan digunakan melalui web.Sebenarnya, cloud computing ini didasarkan pada teknologi grid computing yang membuat skalabilitas suatu sistem komputasi menjadi sangat besar dengan cara menggabungkan beberapa sumber daya komputer menjadi satu resource.Sehingga tidak salah jika ada orang yang megnatakan cloud computing adalah grid computing yang digabungkan dengan virtualisasi. Contohnya adalah layanan email seperti yahoo dan gmail yang sudah menerapkan cloud computing

Layanan Cloud Computing harus dapat diakses dari mana saja, kapan saja dan alat apa saja seperti layanan email bisa di akses dari kantor, rumah, warnet menggunakan komputer, handphone atau tablet asalkan semua terkoneksi ke internet.

Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikan. Hal ini merupakan suatu metode komputasi di mana kapabilitas terkait dengan teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan, sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat internet (di dalam awan) tanpa mengetahui apa yang ada di dalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya.

Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian infomasi, dari suatu tempat ke tempat lain. Perangkat telekomunikasi bertugas menghubungkan pemakainya dengan pemakai lain. Kedua pemakai ini bisa berdekatan tetapi bisa berjauhuan. Kalau menilik arti harfiah dari telekomunikasi (tele = jauh, komunikasi = hubungan dengan pertukaran informasi) memang teknik telekomunikasi dikembangkan manusia untuk menebus perbedaan jarak yang jauhnya bisa tak terbatas menjadi perbedaan waktu yang sekecil mungkin.

Pada saat ini cloud computing semakin dilirik di dunia telekomunikasi, salah satu contohnya adalah untuk layanan kemanan data yang berbasis cloud computing. Contohnya yaitu pembuatan virus scan, anti virus, anti hacking dan storage di cloud yang aman untuk beragam platform termasuk ponsel dan tablet PC. Sehingga pengguna merasa aman jika data disimpan di internet.


Dari gambar di atas juga dapat dilihat bahwa semua device terhubung kedalam cloud computing, Oleh sebab itu cloud computing memiliki peran yang sangat penting dalam kemajuan teknologi dalam bidang telekomunikasi. Sehingga banyak pakar IT yang mulai memanfaatkan cloud computing dalam bisnis dan usahanya .

1 comments:

chikimo said...

artikel yang sangat bagus,terimakasih

Post a Comment

Followers